Save Water

Save Water adalah salah satu bentuk kesadaran manusia akan kelestarian lingkungan, di mana  penggunaan air tanah secara berlebihan semestinya dihindari guna keberlangsungan keselarasan alam.

Penggunaan air tanah yang berlebihan dapat menyebabkan penurunan permukaan tanah dikarenakan terbentuknya rongga-rongga hampa di dalam tanah karena eksploitasi air tanah yang berlebihan.

Semenjak di bangunnya kampus IPB di Dramaga, untuk memenuhi kebutuhan air bersih di lingkungan kampus tersebut pihak IPB telah membangun sarana pengolahan air bersih, di mana air sungai yang melintasi lingkungan kampus (2 sungai yaitu Sungai Ciapus dan Sungai Cihideung) dimanfaatkan sebagai air baku yang selanjutnya diolah menjadi air bersih.

IPB telah berkontribusi dalam penyelamatan air tanah di lingkungan sekitar kampus, pengolahan air sungai menjadi air bersih menggunakan beberapa unit Sarana Pengolahan Air.

Semoga upaya ini dapat diaplikasikan oleh kampus lain dan menjadi contoh bagi lingkungan guna melestarikan lingkungan.

SAVE WATER

Go Green

IPB. Green Campus

 

Wasalam

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>