Bagian ALT

Bagian Air, Listrik dan Telepon

Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran serta Strategi Pencapaian

Visi
Visi Bagian Instalasi Air, Listrik dan Telepon, Biro Umum IPB adalah menjadi Bagian yang peka, responsif serta solusif terhadap masalah dengan pendekatan praktis dan analistis dan berorientasi pada keberlangsungan dalam peningkatan pelayanan atas kecukupan daya listrik, air yang berkualitas, telelpon, dan kehandalan pelayanan transportasi dalam gedung (lift).

Misi
Untuk mencapai Visi, makamisi yang akan di emban oleh Bagian Instalasi Air, Listrik dan Telepon Biro Umum IPB yaitu melaksanakan kegiatan praktis dan analisis dalam penyelesaian pekerjaan, terkait pekerjaan pemeliharaan dan perbaikan instalasi air, listrik dan telepon dengan mengoptimalkan sumberdaya yang tersedia, dan dapat mengfungksikan kembali isntalsi yang rusak, lemah menjadi berfungsi optimal khususnya dibidang jaringan Air, listrik dan telepon yang berkualitas serta proses yang efektif dan efesien.

C. Tujuan

Tujuan yang ingin dicapai oleh Bagian Instalasi Air, listrik dan telepon Biro Umum sebagai berikut :

  1. Mewujudkan sistem informasi data kerusakan dan pemeliharaan jaringan instalasi air, listrik dan telepon di IPB yang ter-update.
  2. Dapat menyelesaikan perbaikan kerusakan jaringan air, listrik dan telepon secara efektif dan efesien dengan pendekatan praktis dan analisis.
  3. Berfungsinya jaringan instalasi air, listrik dan telepon secara optimal.

D. Sasaran dan strategi pencapaiannya

Sasaran Bagian Instalasi air, listrik dan telepon sebagi berikut :

  1. Meningkatkan kualitas pelayanan atas kebutuhan air, listrik, telepon
  2. Meningkatnya kualitas dan kuantitas kecukupkan air di lingkungan Kampus
  3. Mengoptimalkan fungsi-fungsi jaringan air, listrik dan telepon.
  4. Meningkatkan dan mengoptimalkan deteksi kerusakan jaringan, dan asesorisnya.

Adapun strategi yang dilakukan oleh Bagian Instalasi air, listrik dan telapon Biro Umum IPB untuk mencapai sasaran tersebut sebagai berikut :

  1. Mengembangkan sistem infomasi data kerusakan dan skedule pemeliharaan jaringan dan asesorisnya yang meliputi, jaringan air, listrik dan telapon.
  2. Melakukan mapping data kerusakan dan berkoordinasi dengan Unit kerja terkait yang dilakukan secara berkala.
  3. Melakukan perbaikan sedini mungkin atas kerusakan ringan sebelum menjadi besar.
  4. Aktif dan responsif dalam melakukan monitoring dan controling dalam deteksi kerusakan.
  5. Meningkatkan usaha preventif dalam penanggulangan kerusakan dengan pemeliharaan yang berkala dan terjadwal.

Secara struktural Bagian Instalasi Air, Listrik dan telepon dalam menjalankan tugas dan fungsinya dibagi dalam dua gugus yaitu Gugus Air, dan Gugus Listrik, Telepon dan lift. Masing-masing Gugus dikoordinasi oleh Ketua Gugus yang berfungsi untuk mengkoordinasi pelaksaan pekerjaan teknis. Adapun Personil di Bagian Instalasi air, listrik, dan telepon dapat dilihat pada tabel 3 sebagai berikut :

Tabel 3: Sumberdaya Manusia Bagian Instalasi Air, Listrik dan Telepon

tabel 3.personil alt

Jumlah Sumberdaya Manusia (SDM) di Bagian Instalasi ALT tahun 2013 sebanyak 28 pegawai, 1 Pegawai administrasi, 11Pegawai gugus listrik, dan 15 Pegawai gugus air. Berdasarkan analisa kecukupan Sumberdaya Manusia (SDM) di Bagian Instalasi Air, listrik dan telepon, saat ini masih kekurangan. Terdapat satu hari dalam satu minggu pegawai yang melakukan kkrja selama 24 Jam, terutama di WTP Ciapus, serta untuk pegawai yang menangani kerusakan jaringan instalasi air distribusi dilapangan masih kekurangan 2 orang, hal ini mengingat dengan semakin tuanya umur instalasi dan tingkat kerusakan yang tinggi pula dan harus ditangani secara cepat. Untuk penanganan AC di Bagian Pemeliharaan ALT juga belum mempunyai tenaga yang handal, sehingga diperlukan adanya tambahan tenaga yang mampu melakukan pemeliharaan AC.Untuk kaderisasi dan tetap menjaga kelancaran pelaksanaan kerja Bagian, disamping diperlukan adanya Pelatihan teknis juga perlupenambahan SDM sebanyak 5 pegawai, 2 orang teknisi listrik dan 3 orang teknisi Air

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>